Selasa, 29 Januari 2013

Catatanku Sebagai Seorang Penggila Game Football Manager (FM)

Aku mungkin terbilang masih baru dalam bermain game ini. Aku memainkan game ini mulai dari FM 2011, dan saat ini sudah memainkan FM 2012. Sebenarnya pengen main FM 2013, tapi kasetnya gak ada di daerahku (Gorontalo).

Aku memiliki hobi bermain bola dengan posisi sebagai keeper, dan pengalamanku tentang dunia sepak bola terbilang cukup. Namun seiring dengan aku terangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) aku mulai jarang bermain bola bersama teman - teman seusiaku. Aku sekarang malah lebih termotivasi pengen jadi seorang manager tim sepak bola, khususnya dalam meramu strategi.

Dulunya aku sering main game Pro Evolution Soccer (PES) versi PC, tapi aku merasa nggak seru karena pada game ini kita hanya sekedar menentukan formasi dan menempatkan pemain pada posisi yang ada. Sementara pengaturan spesifik mengenai taktiknya nggak ada di game ini. Di FM barulah aku menemukan apa yang seri aku cari, yakni pengaturan secara detail mengenai taktik. Awal aku memainkan game ini aku sering main seperti halnya memainkan game PES yakni membuat formasi dan menempatkan pemain pada posisi yang ada tanpa memberikan tugas kepada pemain secara baik sehingga taktik yang dibangun kadang terlalu bagus. Bahkan aku dicap sebagai pelatih yang tidak konsisten dalam taktik karena sering kali berganti - ganti formasi hanya dalam sebulan, apalagi jika formasi yang aku gunakan aku anggap kurang memberikan kemenangan yang besar buat tim.

Barulah pada FM 2012 ini aku baru mengerti bagaimana caranya merancang sebuah taktik. Bahkan aku sudah bisa merancang taktik tiki taka ala Barcelona dan Timnas Spanyol. Aku sudah memahami secara dalam mengenai taktik ini. Dengan taktik ini predikat sebagai pelatih yang tidak konsisten terhadap taktik mulai sedikit hilang (maksudnya aku dicap oleh komputer sebagai manager yang tidak konsisten lho...hehehe).

Game ini benar - benar membuat aku ketagihan, bahkan setiap nggak ada kerjaan di kantor aku sering memainkan game ini. Jika hari libur, pekerjaanku seharian di rumah hanya main game ini dari pagi hingga pagi sampai nggak tidur semalaman. bahkan ketika setiap hari jum'at (sabtu dan minggu aku libur) sepulang kerja aku langsung buka laptop dan main game ini sampe keesokan paginya. Tidur bentar, siangnya bangun langsung sambung main lagi. Benar - benar membuatku ketagihan banget.

Game ini tidak membuat bosan penggunanya karena game ini tidak memiliki tujuan akhir. Memainkan game ini sampe musim keberapapun nggak akan membuat kita bosan, kecuali jika kita sudah memiliki versi terbaru dari game ini. Pasti versi yang lama bakal ditinggalkan dan mulai bermain game ini dengan versi terbaru. Seperti aku contohnya, aku awalnya bermain game ini dari versi FM 2011. Sejak aku mendapatkan FM versi 2012, FM versi 2011 aku nggak pernah pakai lagi.

Sekedar peringatan buat teman - teman, bermain game ini terlalu sering bisa menyebabkan kecanduan dan malas bekerja. Saran saya, jangan terlalu sering memainkan game ini. Mainkan game ini hanya disaat anda sedang tidak ada aktifitas sama sekali, terutama di hari libur.

Ok, sekian dulu cerita saya tentang game ini. Jika ada yang pengen berbagi cerita, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Salam FM....!!!

5 komentar:

Silahkan tinggalkan pesan, saran, kritik, maupun komentar anda demi kesempurnaan posting ini....!!!!