Kamis, 30 Desember 2010

Etika Copy Paste Artikel/Posting Dari Blog Lain

Tips ini saya berikan bukan untuk disalah gunakan. Ini bertujuan sebagai bahan pembelajaran buat kita semua. Ingat...!!!! Copy Paste (copas) artikel dari blog/web orang lain harus juga ada etikanya, misalnya dengan meminta izin terlebih dahulu dari penulis artikel tsb, atau pula dengan menuliskan sumber dari artikel tsb pada akhirr atau awal posting/artikel. Contoh : ...... Sumber : http://syamsuqamaridji.blogspot.com/ artinya artikel yang telah kita buat bersumber atau berasal dari situs tersebut.
Seringkali kita menemukan beberapa situs blog/web yang artikelnya tidak bisa kita copas karena sang penulis artikel/pembuat blog/web tersebut telah memodifikasi blog/web-nya untuk menghindari copas artikel dari pengunjung yang kurang bertanggung jawab. Namun cara tsb masih dapat kita pecahkan, saya punya sedikit tipsnya....
Ok, langsung aja ya....
Pertama, kamu buka situs tersebut.
Kedua, klik File pada menu Tab di browser anda.
Ketiga, pilih Save Page As.
Muncul jendela Save Page As. Pada Save as type, pilih Web Page, complete (jika kita ingin mengcopy artikel tsb beserta gambanya) pilih Web Page HTML only (jika kita hanya ingin mengcopy kode HTML yang ada), atau pilih Text Files (jika kita hanya ingin mengcopy tulisannya doank). Aku sarankan pilih Web Page, Complete.
Keempat, simpan halaman web tersebut dengan nama yang kamu suka dan tentukan di drive mana kita akan menyimpan halaman web tsb. Klik Save.
Terakhir, buka kembali halaman web yang telah kita simpan tadi di browser. Nah, disini artikel tersebut bisa kita copy dan kemudian paste di blog kita.

Selesai....
Eeeeeeeit,,,,ingat ya!!!! Jangan Copas artikel sembarangan, harus tetap pakai etika....
Minta izin dulu dari penulisnya atau bisa juga menuliskan nama sumber dari artikel tersebut pada akhir atau awal artikel yang telah kita copas tadi....
Ok, sekian dulu tips dari aku, semoga bermanfaat (jika digunakan untuk hal yang baik tentunya)...:D

1 komentar:

Silahkan tinggalkan pesan, saran, kritik, maupun komentar anda demi kesempurnaan posting ini....!!!!