Selasa, 07 Desember 2010

Tata Cara Mandi Junub Dan Niatnya (Bagi Pria)

Tata cara mandi junub dan niatnya adalah sebagai berikut :
  1. Berniat mandi wajib. Untuk niat mandi wajib :
  2. “Nawaitu ghuslal li rof’il hadatsil akbari minal janabati ‘an jami’il badani fardhan lillahi ta’ala.” Artinya : Saya berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari semua badan setelah junub, yang merupakan kewajiban hanya karena Allah semata
  3. Mencuci kedua telapak tangan hingga 3x (diguyur)
  4. Cuci kemaluan dan dubur dengan tangan kiri hingga bersih (3x).
  5. Cuci kembali kedua tangan setelah mencuci kemaluan dan dubur.
  6. Berniat untuk wudhu seperti halnya wudhu shalat (untuk bagian kaki di cuci setelah selesai mandi). Dahulukan yang kanan.Niat wudhu : Nawaitul wudhuu'a liraf'il hadatsil ashghari fardhan lillaahi ta'ala. Artinya : Saya berniat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah semata.
  7. Ambil air dan basuh ke sela-sela rambut dengan kedua tangan. Dimulai dari bagian kepala sebelah kanan kemudian yang sebelah kiri.
  8. Tuangkan air ke atas kepala sebanyak 3 kali, kemudian dilanjutkan dengan menyiramkannya ke seluruh badan.
  9. Mencuci kedua kaki sebanyak 3 kali dengan mendahulukan yang kanan.

55 komentar:

  1. Dalam mandi besar d wajibkan untuk kramas dan pakai sabun apa ndak...???
    Mohon komentar y...???

    BalasHapus
  2. Sebaiknya sebelum mandi wajib (mandi besar) anda mandi atau membasuh seluruh tubuh terlebih dahulu. Ini berguna untuk membersihkan tubuh kita dari kotoran - kotoran seperti debu. Ini juga berguna untuk membuka pori - pori tubuh kita agar air wudhu bisa meresap ke dalam kulit. Sebelum mandi wajib (mandi besar) anda bisa keramas dan menggunakan sabun. Tapi pastikan dulu sabun atau bahan yang anda gunakan untuk keramas tidak berpengaruh atau dapat menutup pori - pori kulit kita yang dapat mencegah meresapnya air wudhu.
    Setelah membasuh tubuh kita hingga bersih (pastikan tidak ada sisa sabun/shampoo yang menempel di kulit/rambut), barulah kita mandi wajib.

    BalasHapus
  3. assalamualikum...
    Terimakasih banyak pak atas info nya
    wassalam....

    BalasHapus
  4. klo pke shower....dan gk pke gayung untuk membasuh itu gimana gan

    BalasHapus
  5. Pake shower pun bisa gan...tp lebih bagus pake gayung biar kita bisa tahu udh berapa kali kita membasuh anggota tubuh kita.
    Kejadian seperti ini pun pernah aku alami 3 tahun yg lalu saat lg merawat paman aku d rumah sakit. Kebetulan paman aku dirawatnya d ruang VIP. Kamar mandinya tdk ada gayung dan bak mandi, yg ada hanya shower dan kloset duduk.
    Islam selalu memberikan kemudahan dan tidak memberatkan.
    Semoga membantu ya gan....trims udah berkunjung ke blog aku...

    BalasHapus
  6. kalau mandi junub nya berulang kali boleh???

    BalasHapus
  7. klu niat mandinya pake bahasa indonesia bisa gak

    BalasHapus
  8. niat pake bahasa apapun boleh gan...
    Allah SWT Maha Mengetahui...
    Tapi lebih afdol kalaw pakai bahasa arabnya...
    Kalau belum hafal, bisa pakai bahasa Indonesia atau bahasa apa saja yang penting berniat untuk mandi junub karena Allah SWT semata...

    BalasHapus
  9. gan itu kalo menyela-nyela rambut, pake sampo gimana ? terus ketika mandi itu boleh menggunakan sabun gak, atau harus mengikuti tatacara mandi tanpa menggunakan sabun ? jawab ya yang tau, syukron ;)

    BalasHapus
  10. Semoga dapat bermanfaat, makasih ya gan..

    BalasHapus
  11. Mau nanya. Kok saya liat ada berbagai perbedaan dalam mandi wajib ya.

    1.Di beberapa sumber disebut kalau habis membersihkan kemaluan, lalu tangannya dibersihkan kembali dgn cara diusap ke tanah/dinding, baru disiram air. Lalu ketika membaca doa wudhu biasa, yg dilakukan itu wudhu seperti biasa (yg meliputi membersihkan kuping,wajah,hidung,kumur2,dll), sedangkan diatas hanya disebut membersihkan sela2 kepala bagian kiri&kanan,menyiram air dari atas kepala, dan mencuci kaki. Yang mana yg harus saya lakukan?

    2.Apakah harus melakukan mandi dgn sabun/shampoo terlebih dahulu sebelum melaksanakan mandi wajib? Atau boleh lgs mandi wajib?

    Terimakasih.

    BalasHapus
  12. To Alonzo :
    1. Perbedaan dalam tata cara mandi wajib bukanlah suatu masalah. Sumber lain yang mengatakan bahwa setelah mencuci kemaluan dan dubur dengan cara mengusapkannya ke tanah/dinding adalah benar. Ini dilakukan untuk menghilangkan hadats kecil yang ada di tangan kita. Sedangankan untuk membersihkan sela2 kepala mulai dari bagian kanan lalu ke bagian sebelah kiri adalah sudah masuk pada tahap mandi dan bukan lagi tahapan wudhu. Seperti yang saya jelaskan dalam artikel di atas, kita berwudhu terlebih dahulu seperti wudhunya shalat kecuali mencuci kedua kaki karena mencuci kedua kaki akan dilakukan pada tahap akhir mandi wajib.
    2. Sebelum kita melakukan mandi wajib/junub, sebaiknya kita melakukan mandi biasa terlebih dahulu yang tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran atau hadats kecil yang ada di tubuh kita. Karena dalam tata cara mandi wajib yang pernah saya dapat dari beberapa sumber mengatakan bahwa sebelum melakukan mandi wajib/junub maka terlebih dahulu kita membasuh seluruh anggota tubuh kita dengan air untuk menghilangkan hadats kecil. Persoalan mandi dengan sabun atau shampoo sebelum tahapan mandi wajib/junub bukanlah persoalan yang bisa menyebabkan syah dan tidak syahnya mandi wajib/junub yang kita lakukan.
    Semoga bisa membantu....

    BalasHapus
  13. Kalau cuma -Niat
    -Menghilangkan najis di badan sama ada yang jelas (‘ayni) atau tidak jelas (hukmi)
    -Menyampaikan air ke seluruh anggota badan dari hujung rambut sehingga ke hujung kaki.

    Boleh gx ?

    BalasHapus
  14. To: Agypth Herfan
    Urutannya sama seperti yang saya tuliskan di dalam artikel...

    BalasHapus
  15. apa kalau mandi besarnya tidak memakai sampo tapi hanya memakai sabun apa boleh apa tidak boleh ?

    BalasHapus
  16. kalau misalnya ga pke air krena dingin boleh ga?

    BalasHapus
  17. bagaimana kalau hanya berniat mandi junub atau mandi wjib apakah diperbolehkan dalam Islam....???

    BalasHapus
  18. To Alfin Khusaini : sebelum kamu melakukan mandi wajib (junub) sebaiknya mandi seperti biasa dulu. Kemudian kamu basuh hingga bersih seluruh tubuh untuk menghilangkan sisa-sisa sabun yg ada di tubuh kamu. Setelah itu baru melakukan mandi wajib (junub).

    BalasHapus
  19. gan katanya ini klo udah mandi wajib harus langsung solat itu bener apa ngga sih ?

    BalasHapus
  20. klw itu sya kurg tw gan....
    nnt sya cari dulu dalilnya ya...??

    BalasHapus
  21. ka noval yhan numpang nannya dong , kan sebelum mandi wajib kita boleh mandi biasa dulu baru mandi wajib , tapi ka boleh ga seudah mandi biasa dulu kita bersihin badan kita dulu pake anduk setelah kering baru mandi wajib ? , apa setelah mandi biasa keadaan kita masi basah langsung mandi wajib ka ? mohon di jawab ya ka terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sebelum melakukan mandi wajib, kita mmg disarankan utk membasuh badan kita dengan air. artinya kita boleh mandi biasa dulu sebelum mandi wajib. persoalan kamu mw keringkan dgn handuk setelah mandi biasa, gak jd masalah.

      Hapus
  22. Assalamualaikum....

    saya mau bertanya..

    saya biasanya kalau mandi wajib itu dengan cara seperti ini.

    1. membasuh kedua telapak tangan.
    2. membaca niat.
    3. mengguyur air ke seluruh badan sampai 3X (diawali dengan Bismillah) sebelum mengguyur. lalu membersihkan (membasuh) kemaluan dengan tangan kiri.
    4. terus saya pake shampo, sikat gigi, pake sabun. gosok2 anggota badan di mulai dari yang kanan (pake sabun) termasuk membersihkan kemaluan. setelah itu saya bilas bersih.
    5. kemudian saya berwudhu (seleyaknya wudhu shalat).
    6. selesai wudhu, saya menyiram kepala sya sampai 3X siraman dan mengguyur seluruh badan sampai 3X pula.
    7. setelah itu saya membasuh kaki, pertanda mandi wajib saya selesai.

    pertanyaannya apakah tatacara mandi yang saya lakukan itu sudah benar? mohon penjelasannya? terimakasih sebelumnya. (Faisal)

    BalasHapus
  23. mohon maaf ya teman-2 alya blog....baru sekarang saya bisa menjwb pertanyaan teman2 khususnya Faisal. soalnya jaringan internet saya putusin dulu sementara karena saya jarang banget OL. rugi kan, udh dibayar iurannya tp jarang pakai...
    Ok, saya akan langsung saja menjwb pertanyaan Faisal.
    Tata cara mandi kamu tersebut tidak bisa langsung saya fonis salah atau benar. saya sendiri belum menemukan dalil tentang larangan menggunakan sabun/sampo pada saat mandi junub. namun jika melihat pada tata cara mandi anda di atas, akan saya coba carikan jawabannya. dan sayapun belum berani memberikan pendapat salah atau benar tentang cara mandi junub anda tersebut. nanti akan saya posting jawabannya setelah saya dapat referensinya....
    To anonim lainnya : mandi atau membersihkan badan terlebih dahulu sebelum mandi junub dianjurkan, karena dengan begitu kita bisa membersihkan kotoran yang menempel di badan kita sebelum mandi junub. perseolan telah mengeringkan badan dengan handuk atau tidak, bukanlah masalah. yang penting bukan pada saat proses mandi wajib sementara dilaksanakan....

    BalasHapus
  24. mas Noval, urutan yang ke-6 itu gimana penjelasan nya, saya kurang paham,, mohon di jelaskan,,!!!

    BalasHapus
  25. Penjelasan tata cara mandi wajib untuk point 6 :
    siram air ke kepala masing-masing 3x dimulai dari yg sebelah kana dulu, kemudian usap-usapkan menggunakan jari tangan agar airnya bisa meresap ke dalam kulit kepala. kemudian dilanjutkan ke bagian kepala sebelah kiri.

    BalasHapus
  26. gan, kalo mandi wajibnya sudah selesai sampai membasuh kaki lalu diteruskan mandi biasa boleh ga?

    BalasHapus
  27. Kalo mandi nya niat aja, trus menghilangkan najis" dari kepala sampe bawah aja ? Boleh apa nggak ya min ?
    Mohon info dong ?

    BalasHapus
  28. Kalo niatnya pas lagi di dalem kamar mandi boleh gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, tapi cukup dalam hati saja. Apalagi untuk kamar mandi yang digabung dengan WC, niatnya cukup di dalam hati saja, tak perlu di lafalkan dengan lidah.

      Hapus
  29. kalo mandi junub dulu baru mandi biasa boleh tidak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi sebelum mandi wajib, basahi dulu atau bersihkan dulu tubuh kita dengan air. atau dengan kata lain mandi biasa saja dulu, tapi tnpa mnggunakan shampoo dan sabun.

      Hapus
  30. Saya cara mandi wajibnya gini :

    1. Niat pk B. indo karena g apal arabnya

    2. Membasuh telapak tangan 3x

    3. Membasuh dan mengusap kemaluan dgn sabun

    4. Wudhu spt biasa tapi tanpa kaki

    5. Membasuh kepala sekalian keramas pakai shampo

    6. Membasuh seluruh tubuh mulai dari kanan dan menggosoknya dgn sabun sampai bersih/cukup. Setelah itu gosok gigi.

    7. Membasuh dan menyabuni kaki 3x

    bener gak tuh? Oh iya saya juga mau tanya, saat mandi wajib tahap menyiram air ke selurih badan kita boleh gak memegang kemaluan? Batal gak mandinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika memegang kemaluan dengan maksud untuk membersihkanya sih gak apa. yang penting bukan untuk tujuan lain. Namun jika sesudah mandi anda memegang kemaluan, bukan mandinya yang batal, tp wudhunya. Jadi klw mau sholat, wudhu dulu lg.

      Hapus
  31. klo tahap akhir sesudah membasuh kaki,harus baca doa sesudah berwudhu ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. do'a sesudah mandi wajib hukumnya sunnah.

      Hapus
  32. Niat itu dari hati gan,..
    Oh iya,,.mmm,kalo abis mandi itu kan mau sholat,trus wudhu lagi.
    Itu dianjurkan apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung sholat jg bisa, kn pas mau mandi wajib td udah wudhu.

      Hapus
  33. .Assalamualaikum, tumpang tanya saya ada tiga soalan. Pertama, sepatutnya kita mandi biasa dulu atau boleh terus niat dan mandi wajib terus? Kedua boleh tak mandi wajib dengan memakai sabun kemudian bilas dengan air biasa? Ketiga wajibkah memasukkan air kedalam lubang lubang seperti di dalam hidung , telinga , pusat dan dubur? Tolong jawab kerana saya selalu berasa was-was dengan perkara ini. Terima kasih kepada penjawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya...
      Coba tanya pada Ustadz yg ada di dkt t4 tinggal anda. Sya tdk bs mendikte hukumnya wajib atw tdk. Krn setiap penyampaian hrus disertai dgn dalil, sementara sya tdk memiliki dalil untuk menguatkan penjelasan sya.
      Skali lg mohon maaf krn blm bs membantu. Insya Allah dilain waktu jk sya sudah temukan dalil yg tepat, akn saya share.

      Hapus
  34. Assalamu'alaikum mas Noval,
    Mau nanya, mencuci dubur itu apakah hrs digosok-gosok atau cukup disiram saja? Misalnya kita yakin dubur sudah bersih krn sebelumnya barusan cebok setelah BAB.
    Trims sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. digosok aj mas, pakai sabun klw bolh. Stelah mencuci dubur (meskipun pakai sabun) gosok tangan ke dinding untuk menghilangkan kotoran yg menempel di kulit. Krn dgn mencuci dgn sabun tdklah menjamin kotoran hilang dr kulit kita.

      Hapus
  35. Ass.. Ya akhi wal ukhti..
    Dlm mandi junub,tentu'y dlm niat bnyak pilihan.. Ada beberapa niat mandi junub,ada yg pendek utk pemula,ada yg sedang,ada yg pnjang & kumplit sperti niat di atas.. Smua'y bisa & bnar,krn niat itu d hati lillahita'ala.. Ada pun tata cara'y mau langsung/mengusap-usap gpp yg pnting sluruh bdan kna air mrata.. Pake sabun boleh,g pke jg boleh,sambil wudhu sunah biar sempurna,g pun gpp..
    Itu pandangan q,klo pun ada yg salah mohon saran'y..
    FB: aa_onepiece@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims gan atas masukannya...sering2 berkunjung di blog aku yg sederhana ini gan...

      Hapus
  36. kita kan berwudhu ya kang, berarti dalam keadaan telanjang. emang boleh?

    BalasHapus
  37. Bang saya mau tanya kalo mandi junubnya pake air hangat gimana ?
    Sah gak ?
    Saya pake air hangat karena udara disini dingin

    Tolong di jawab
    Terima kasih
    (Dwiky hardiansah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak masalah tuh...tdk ada larangan utk itu...ISLAM itu mengajarkan kemudahan...tdk ada yg dipersulit dlm hal berbuat baik...

      Hapus
  38. Mandi junub/wajib bagi orang yg salah satu kaki/tanganya dipasang gib karena patah tulang, gimana menurut syar'i

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup dgn meneteskan sedikit air sja pada bagian yg di gips...kemudian dibasuh perlahan sebanyak 3 kali...

      Hapus

Silahkan tinggalkan pesan, saran, kritik, maupun komentar anda demi kesempurnaan posting ini....!!!!